Home » , , » Perang Rekor Selecao vs Die Mannschaft

Perang Rekor Selecao vs Die Mannschaft

Ditulis Oleh: Ambar Syahputra Siregar on Selasa, 08 Juli 2014 | 00.14

Jakarta - Jerman dan Brasil adalah negara yang bergelimang rekor di Piala Dunia. Pertemuan keduanya di Belo Horizonte, Rabu (9/7/2014) dinihari nanti menjadi duel antara dua negara dengan penampilan terbanyak di Piala Dunia.

Berikut data dan fakta duel Brasil denan Jerman, seperti dikutip dari Marca:





 

9 dan 11 Semifinal

Sebelum Piala Dunia 2014, Brasil sudah sembilan kali lolos ke semifinal Piala Dunia. Dari jumlah tersebut mereka berhasil masuk ke final sebanyak tujuh kali.

Sementara itu Jerman sudah 11 kali melangkah ke semifinal. Dari jumlah tersebut mereka berhasil ke final di enam kesempatan. Jerman lolos ke semifinal pada dua Piala Dunia terakhir, namun gagal melaju ke final (dikalahkan Italia di 2006 dan tunduk atas Spanyol di 2010). Jerman juga menjadi negara pertama yang lolos empat kali beruntun ke Piala Dunua, dan 2014 ini menjadi yang pertama dalam rangkaian tersebut mereka berhadapan dengan negara Amerika Selatan.

Head to Head

Brasil dan Jerman sudah 21 kali berhadapan (18 persahabatan, satu Piala Dunia dan dua Piala Konfederasi). Brasil sementara unggul dengan sudah dapat 12 kemenangan berbanding empat yang sudah didapat Jerman. Satu-satunya pertemuan di Piala Dunia terjadi di 2002, pada babak final yang akhirnya dimenangkan Brasil 2-0.

Brasil di Kandang

Brasil tak pernah kalah atas Jerman saat bermain di kandang sendiri. Dari enam pertemuan (seluruhnya persahabatan), Brasil meraih tiga kemenangan dan tiga hasil imbang. Ada 10 gol dibuat Brasil dan pada saat bersamaan mereka kemasukan tiga kali.

Brasil (102) dan Jerman (104) adalah dua negara dengan jumlah pertandingan paling banyak di Piala Dunia. Keduanya mencapai jumlah 100 pertandingan di fase grup: Jerman yang pertama mencapainya dalam laga dengan Portugal, sementara Brasil meraihnya dalam laga dengan Kamerun. Brasil dan Jerman juga jadi negara yang paling sering tampil di final Piala Dunia dengan masing-masing tujuh kali sampai ke partai puncak.

Rentetan Laga Tanpa Terkalahkan

Brasil dan Jerman saat ini menjadi negara dengan rangkaian laga tanpa terkalahkan paling panjang. Jerman sudah menjalani 16 laga tanpa kalah, sementara Brasil telah menjalani 14 pertandingan terakhirnya tanpa kalah. Kali terakhir Jerman kalah adalah dalam laga dengan Amerika Serikat pada 2 Juni 2013 dengan skor 3-4. Sementara kekalahan terakhir Brasil adalah saat tunduk 0-1 di tangan Swiss pada 14 Agustus 2013.

Top Skorer Tim

Karena Neymar (37 gol) tengah cedera, maka top skorer di timnas Brasil saat ini adalah Fred (18) dan diikuti Oscar (10). Dari 22 pemain Brasil yang tersedia untuk laga ini, mereka total sudah membuat 81 gol. Sementara Miroslave Klose (70) dan Thomas Mueller (21) saja total sudah membuat 91 gol untuk Jerman.

Scolari

Luis Felipe Scolari menjadi pelatih ketiga yang berhasil meloloskan timnya ke tiga semifinal Piala Dunia berbeda (2002, 2006, 2014). Dia menyamai rekor Helmut Schön (1966-1970-1974) dab Mario Zagallo (1970-1974-1998). Scolari total telah mengumpulkan 14 kemenangan di Piala Dunia, itu artinya dia cuma butuh dua kemenangan lagi untuk menyamai rekor Helmut Schön sebagai pelatih dengan jumlah kemenangan paling banyak di Piala Dunia.

Jerman Menuju Gol ke-2.000

Jerman tinggal butuh satu gol lagi untuk mencapai jumlah 2.000 gol di ajang internasional. Gol pertama Jerman tercipta pada 5 April 1908 yang dibuat Fritz Becker ke gawang Swiss.

Miroslave Klose

Jika dimainkan dinihari nanti, Miroslav Klose akan menyamai Paolo Maldini yang sudah menjalani 23 pertandingan Piala Dunia. Klose juga masih mengincar satu gol lagi yang akan membuatnya berdiri sendiri sebagai top skorer Piala Dunia sepanjang masa. Jika benar bisa didapat, maka itu akan jadi capain spesial buat striker gaek tersebut karena dia meraihnya dengan mengalahkan pemain Brasil, dalam laga menghadapi Brasil dan digelar di Brasil. Tapi Klose juga punya catatan kurang oke: dia tak pernah mencetak gol selepas babak perempatfinal.

Jika dimainkan, Klose akan menjadi pemain pertama yang tampil di empat semifinal Piala Dunia. Dia juga akan menjadi pemain dengan penampilan paling banyak di fase knock out (13) mengalahkan Cafu dan Lothar Matthaus (12).

Sumber : detiksport

0 komentar: